Kamis, 13 Oktober 2016

TCP/IP vs Osi Layer

Posted by Nava Gia Ginasta On 19.02

Latar Belakang
Dalam perkembangan teknologi maka dibuatlah Arsitektur TCP/IP adalah berbasis model referensi tujuh lapis OSI, tetapi menggunakan model referensi DARPA. Seperti dalam diagram di atas, TCP/IP mengimplemenasikan arsitektur berlapis yang terdiri atas empat lapis.
Empat lapis ini, dapat dipetakan (meski tidak secara langsung) terhadap model referensi OSI. Empat lapis ini, kadang-kadang disebut sebagai DARPA Model, Internet Model, atau DoD Model, mengingat TCP/IP. selain itu dibuat juga OSI adalah standar komunikasi yang diterapkan di dalam jaringan komputer. Standar itulah yang menyebabkan seluruh alat komunikasi dapat saling berkomunikasi melalui jaringan. Model referensi OSI (Open System Interconnection) menggambarkan bagaimana informasi dari suatu software aplikasi di sebuah komputer berpindah melewati sebuah media jaringan ke suatu software aplikasi di komputer lain. Model referensi OSI secara konseptual terbagi ke dalam 7 lapisan dimana masing-masing lapisan memiliki fungsi jaringan yang spesifik. Model Open Systems Interconnection (OSI) diciptakan oleh International Organization for Standardization (ISO) yang menyediakan kerangka logika terstruktur bagaimana proses komunikasi data berinteraksi melalui jaringan. Standard ini dikembangkan untuk industri komputer agar komputer dapat berkomunikasi pada jaringan yang berbeda secara efisien.

Solusi Masalah
maka kita harus menggunakan TCP/IP karena TCP/IP dipakai di Dunia Internasional, untuk mengembangakn teknologi mungkin TCP/IP sudah lama tapi karena kemudahaan yang ditawarkan akan terpakai oleh orang-orang yang menekuni teknologi.

Kesimpulan dan Saran
TCP/IP sangat penting dipelajari untuk mengetahui standar jaringan yang kita pakai, tentu tidak melupaka OSI Layer yang dimana dasar pembelajaran.
Untuk mengembangkan ini semua harus ada pengajar yang bisa mengajarkan dengan rinci supaya seseorang jauh lebih paham



Nama : Nava Gia Ginasta
Kelas  : D4-TI / 3D
Politeknik Pos Indomesia
Matakuliah : Keamanan Jaringan
Link Github :

Referensi :


0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto Saya
Saya hidup sederhana.. tapi saya ingin SUKSES

About